09
Jan

Prodi S1 Manajemen ITB HAS Bukittinggi Laksanakan PKM di Kampung Pisang Nagari Koto Panjang

AGAM, — Dalam rangka implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, dimana salah satunya adalah Pengabdian Masyarakat, Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim (ITB HAS) Bukittinggi memberikan pelatihan berwirausaha bagi kelompok tani dan Berbagi donasi pangan bagi masyarakat kurang mampu di Nagari Koto Panjang Kabupaten Agam.

Di samping pelatihan wirausaha, kegiatan pengabdian yang dipimpin Kuliman SE, MSi, selaku Kaprodi S1 Manajemen ITB HAS didukung oleh P3M ITB HAS, diikuti oleh beberapa dosen serta Himpunan Mahasiswa (HIMA) Manajemen itu, dilaksanakan pula pemberian santunan bagi masyarakat kurang mampu yang ada di nagari tersebut.

“Adapun peserta pelatihan adalah kelompok tani dan pelaku usaha yang ada di Kampung Pisang Nagari Koto Panjang,” ujar Kuliman, Sabtu (7/1/2023).

Acara pelatihan ini dibuka oleh Walinagari Koto Panjang Drs Yunarson, dan dalam sambutannya disampaikan bahwa kenapa namanya Kampung Pisang karena terkenal sebagai penghasil pisang. “Pisang-pisang dengan rasa yang khas dari Kampung Pisang biasanya dijual ke Bukittinggi dalam bentuk mentah yang belum diolah,” tutur Yunarson.

Selain pisang, lanjut Yunarson, Kampung Pisang juga terkenal dengan usaha karak kaliang, sunting anak daro dan aksesoris pengantin.

“Banyak lagi potensi di Kampung Pisang yang belum digarap secara maksimal. Untuk itu, kehadiran ITB HAS di dalam memberikan pelatihan disambut antusias masyarakat, dan berharap pelatihan bisa berkelanjutan. Sehingganya kegiatan ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Nagari Koto Panjang, khususnya Kampung Pisang,” harap walinagari.

Menyambut harapan Walinagari Yunarson, disampaikan Kuliman bahwa pihak ITB HAS dengan senang hati menerima permintaan tersebut untuk membantu masyarakat Nagari Koto Panjang.

“Kampus ITB HAS saat ini sudah dilengkapi sarana dan media seperti inkubator bisnis, tax center, serta studio digital untuk bisnis. Kemudian dosen-dosen yang berpengalaman, yang pastinya dapat dimanfaatkan ilmunya untuk peningkatan ekonomi masyarakat,” tukasnya.

Peserta pelatihan bersemangat menerima materi terkait pengembangan usaha, yang diberikan oleh para dosen ITB HAS, di antaranya dari M. Nazif, SE., MM

Dan dosen-dosen yang ikut menanggapi pertanyaan-pertanyaan yang diajukan masyarakat yakni; Dr. Ir Helmi Ali, MP, ME; Dr. Almasdi, SE., MSi; Dr. Anne Putri, MSc., Ak., CA; Diah Permata, SSi., MM; Jennisa Dwina Indriani, SE., MSi., Ak., CA; Nurfitriyenny, SE., MM dan Sabri, SE., MM.