PROGRAM STUDI S-1 BISNIS DIGITAL

A. Profil

1. Deskripsi Singkat

Program Studi Strata-1 Bisnis Digital Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi, hadir dalam memenuhi kebutuhan Zaman Now untuk mencetak Founder dan Co. Founder Start Up-Start Up anak bangsa Indonesia maupun Profesional handal di dunia digital sesuai tantangan revolusi Industri 4.0 dengan karakter : Jiwa Entrepeneur, berani membangun bisnis dengan mandiri. Founder, mampu menciptakan Start Up – Start Up yang memajukan bangsa, mengembangkan Internet of (every) thing/IoT, memanfaatkan Machine Learning dan Artificial Intelligence. Data Scienties, mampu mengolah Big Data untuk menetapkan Strategi Bisnis. Collaborative, mampu mengintegrasikan pamahaman dalam ilmu ekonomi dan bisnis dengan disiplin teknologi tanpa melupakan etika dan hukum yang berlaku memanfaatkan data.

2. Capaian Pembelajaran Lulusan

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi S1 Bisnis Digital  Institut Teknologi  dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi, adalah sebagai berikut:

  1. Mampu menerapkan sikap bertanggung jawab, disiplin, beretika dan bekerjasama dalam pekerjaan berlandaskan kepada Tuhan Yang Maha Esa, orang tua dan sesama manusia serta mampu menerapkan nilai-nilai semangat ke Haji Agus Salim-an, semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;

  2. Mampu berpikir kritis dan analitis yang kuat serta mampu merinci dan menganalisis setiap aspek bisnis digital dengan cermat dan memastikan kelancaran operasional dan keberhasilan strategi bisnis digital;

  3. Mampu berkomunikasi dan berkolaborasi secara efektif untuk bekerja dalam tim;

  4. Mampu mengintegrasikan kecakapan belajar dan berinovasi (learning and innovation skills), penguasaan media, teknologi dan informasi (media, technolgy and information skills),dan pengembangan karir dan kecakapan hidup( life and career skills);

  5. Menguasai ilmu dasar tentang kewirausahaan dan proses untuk menghasilkan inovasi bidang bisnis digital.

  6. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya.
  7. Mampu mengkaji implikasi dan pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan berbasis digital bisnis.
  8. Memiliki sikap kewirausahaan yang kuat, termasuk kreativitas, inovasi, dan kemandirian.
  9. Mampu mengidentifikasi, menghasilkan, dan mengelola data dengan bantuan teknologi informasi untuk menghasilkan informasi dan rekomendasi pengembilan keputusan.

B. Visi dan Misi

1. Visi

Menjadi Program studi yang lulusannya berkarakter, berbasis teknologi mampu beradaptasi terhadap perubahaan lingkungan global.

2. Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan bisnis digital yang lulusannya berkarakter, serta berwawasan global;
  2. Melakukan riset dan kajian bisnis digital yang berkontribusi terhadap kemajuan ilmu pengetahuan, dunia usaha dan masyarakat;
  3. Mendorong kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk  ilmu pengetahuan bisnis digital;
  4. Mengembangkan jejaring kerja sama multi pihak (Pentahelix).

C. Kurikulum

Semester 1

No. Kode Mata Kuliah SKS
1. MKK 1105 Bahasa Inggris Bisnis 1 (2-1)
2. MKK 1106 Matematika Ekonomi & Bisnis 3
3. MPK 1301 Pendidikan Agama 2
4. MKK 1104 Pengantar Bisnis 3
5. MPK 1302 Pancasila 2
6. MKK 2106 Sport I (1-2)
7. MKK 1104 Pengantar Teknologi Informasi 3
8. MKK 1102 Bahasa Indonesia 2
9. MKK 1103 Pengantar Akuntansi 1 3
    Total 24 (21-3)

 

Semester 2

No. Kode Mata Kuliah SKS
1. MKK 2110 Bahasa Inggris II 3
2. MPK 2303 Pendidikan Kewarganegaraan 2
3. MKK 2214 Sport II (1-2)
4. MKB 2201 Hukum Bisnis 3
5. MPB 2401 Pendidikan Akhlaq 3
6. MKK 2215 Dasar Pemograman (1-2)
7. MPK 1203 KeAgussaliman 3
    Total 22 (19-3)

 

Semester 3

No. Kode Mata Kuliah SKS
1. MKB 3302 Finance Management 3
2. MKK 2105 Microeconomics (3) 3
3. MKB 3624 Consumer Behaviour (3) 3
4. MPB 4711 Entrepreneurs (3) (2-1)
5. MKB 3307 E-Marketing (3) (2-1)
6. MKB 3306 Taxation Course (3) (1-2)
7. MKK 2210 Statistic & Probability 3
    Total 21 (18-3)

 

Semester 4

No. Kode Mata Kuliah SKS
1. MKK 2401 Internet of Things (2-1)
2. MKK 2208 Macroeconomics 3
3. MKK 2515 Applied research methodology (2-1)
4. MPB 4401 Minang Entrepreneurs (2-1)
5. MKB 3521 Business Communication (2-1)
6. MKB 3626 Global Marketing 3
7. MKK 2402 Design System (2-1)
    Total 21 (16-5)

 

Semester 5

No. Kode Mata Kuliah SKS
1. MKK 2516 Database and Data Manegement (2-2)
2. MKB 3522 Digital Marketing (2-1)
3. MKB 3410 People and Leadership Management (2-1)
4. MKB 3520 Operation Management (2-1)
5. MKK 2517 Tourism Digital Business (2-1)
6. MKK 2518 E-Commerce Business (2-1)
7. MKK2519 Product Development (2-1)
    Total 22 (14-8)

 

Semester 6

No. Kode Mata Kuliah SKS
1. MPB 4507 Business Ethic 3
2. MKK 2601 Analysist and Big Data (2-1)
3. MKK 2602 Business Information System (2-1)
4. MKK 2603 Fintech and Blockchain (2-1)
5. MKK 2604 Business Modelling (2-1)
6. MKB 3625 Negotiation Business (2-1)
    Total 18 (13-5)

 

Semester 7

No. Kode Mata Kuliah SKS
1. MBB 5803 Internship 6
2. MBB 5701 Critical thinking (2-1)
3. MKK 2701 Artificial Intelligent (2-1)
    Total 12 (10-2)

 

Semester 8

No. Kode Mata Kuliah SKS
1. MBB 5805 Final Project (Skripsi) 8
    Total 8

D. Dosen

Daftar Dosen Tetap S1 Manajemen

No. NIDN Nama Dosen Pendidikan Terakhir
1. 0004126107 Dr. Ir. HELMI ALI, M.P., M.E. S3
2. 1006098601 MUHAMMAD IHSAN, S.T., M.B.A. S2
3. 1012088602 MUHAMMAD NAZIF, S.E., M.M. S2
4. 1017088105 SABRI, S.E., M.M., M.M. S2
5. 1018078403 HARIMAN SYALEH, S.E., M.M. S2
6. 1022058901 MAIRINAL AVIS, S.Kom., M.Kom. S2